Home » , » Fakta Unik Tentang Bekicot

Fakta Unik Tentang Bekicot

             
              Bekicot atau Achatina fulica adalah siput darat yang tergolong dalam suku Achatinidae. Berasal dari Afrika Timur dan menyebar hampir keseluruh penjuru dunia akibat terbawa dalam perdagangan. Molusca ini sekarang menjadi salh satu spesies invasif terburuk di bumi, sehingga beberapa negara melarang pemeliharaanya sebagai hewan kesayangan. hewan ini mudah dipelihara dan di beberapa tempat bahkan di konsumsi, termasuk di Indonesia.


             Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya bekicot ini adalah salah satu bahan masakan yang sangat lezat. Orang Perancis sangat menyukai masakan dengan bahan baku ini, ada yang bilang salah satu cara untuk mengechek apakah restoran tersebut mempunyai masakan yang enak-enak adalah melalui menu ini dahulu.

              Di perancis binatang ini disebut dengan nama escargot. Raja Henri IV adalah orang yang pertama kali memperkenalkan bekicot sebagai hidangan di meja makan. Menurut raja yang satu ini hewan yang termasuk dalam kelompok molusca tersebut adalah makanan kebaikan dan keberuntungan. Di perancis hewan ini termasuk makanan mahal dan tidak semua restoran menghidangkanya.

Bagaimana dengan di indonesia?

Di Bojonegoro, Jawa Timur, sate bekicot bumbu kacang sangat digemari masyarakat sekitar. Seperti yang dilansir indosiar.com.  Selain rasanya yang lezat, daging bekicot memiliki khasiat yang luar biasa untuk obat penyakit asma dan gatal - gatal.

Sebetulnya bekicot lebih cocok sebagai obat dari pada sebagai makanan.

Berikut adalah beberapa manfaat bekicot untuk kesehatan yang saya dapatkan dari http://khairul-anas.blogspot.com/2012/06/5-manfaat-bekicot-untuk-kesehatan.html.
1.    Bekicot merupakan sumber protein hewani yang bermutu tinggi karena mengandung  asam-asam amino esensial yang  lengkap.
2.    Sejenis obat yang dikenal berasal dari kulit bekicot dinamakan Maulie, yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti kekejangan, jantung suka berdebar, tidak bisa tidur atau insomania, leher membengkak dan penyakit kaum wanita termasuk keputihan.
3.    Lendir pada bagian dalam cangkangnya dapat digunakan sebagai obat luar untuk luka sayat dan luka robek, juga untuk mempercepat pematangan bisul.
4.    Dagingnya baik untuk pengobatan penyakit liver dan Hepatitis B. Biasa di temui di angkringan, daging bekicot dibuat sate atau kripik bekicot.
5.    Manfaat lain dari hewan bekicot ini dapat dibuat tepung bekicot atau pakan ternak. Tapi, tidak sedikit orang yang merasa jijik dengan hewan yang dikenal berjalan lamban ini, mungkin termasuk anda yang sedang baca postingan ini.

Itu tadi beberapa fakta unik dari bekicot. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment