Home » , » Self Compacting Concrete (SCC)

Self Compacting Concrete (SCC)

sumber gambar : http://www.voscc.dk/
Seiring dengan perkembangan zaman, kreatifitas manusia juga semakin maju. Banyak sekali inovasi dan ide unik yang muncul, terutama dalam bidang konstruksi beton bertulang. Seperti yang kita tahu bahwa proses pengerjaan beton bertulang cukup sulit apabila dibandingkan dengan beton biasa. Salah satunya jarak tulangan yang rapat terkadang memunculkan permasalahan mengenai penuangan/pengecoran beton. Pengecoran yang tidak sempurna, menghasilkan beton berkualitas jelek seperti keropos/porous, permeabilitas tinggi, atau beton mengalami pemisahan material.
Berdasarkan permasalahan yang ada maka munculah ide untuk menciptakan beton yang bisa mengalir sendiri melewati tulangan untuk mengisi ruang-ruang kosong dalam bekisting dan mencapai tinggi permukaan dengan rata tanpa mengalami bleeding dan segregasi. Jenis Beton ini kemudian disebut dengan nama beton memadat mandiri atau Self Compacting Concrete (SCC).
Beton SCC merupakan penelitian yang sudah lama dilakukan di Jepang mulai era tahun 1980an. Penelitian ini berhasil diselesaikan pada tahun 1988, dan untuk pertama kali diperkenalakan oleh Okamura pada tahun 1990’an sebagai upaya mengatasi masalah pengecoran di Jepang. Beton jenis ini menawarkan banyak kemudahan dalam pengerjaanya. Kita tahu dalam pelaksanaan beton konvensional dilapangan, membutuhkan banyak tenaga untuk melakukan pemadatan dengan bantuan alat seperti vibrator. Karena itu self compacting Concrete hadir untuk mengatasi masalah tersebut sehingga dalam proses pengerjaanya tidak memerlukan banyak pekerja.
Dengan pengerjaan yang mudah beton self compacting juga dapat memenuhi tuntutan desainer untuk mewujudkan suatu struktur dengan tulangan yang kompleks. Dengan campuran yang mudah berdeformasi tetapi tetap dapat mempertahankan kekentalannya (viskositasnya) maka beton SCC akan memadat sendiri dan tidak mengalami segregasi.
Saat ini self compacting concrete  tidak hanya dipergunakan di Jepang. Penelitian tentang self compacting concrete masih terus dilakukan dibanyak negara termasuk di Indonesia menyangkut tentang metode pencampuran (mix design) yang paling efektif. Penilitian ini akan terus dilakukan sampai self compacting concrete akan menjadi beton standar untuk masa depan.
Banyak sekali keuntungan yang didapat dari penggunaan self compacting concrete untuk beton precast, prestress di bidang industri dan penggunaan di bidang konstruksi. Keuntungan yang bisa didapat antara lain:
-       mengurangi kebisingan di lokasi proyek,
-       mempermudah proses pengecoran di lapangan,
-       proses konstruksi bisa berlangsung lebih cepat,
-       meningkatkan kualitas dan daya tahan bangunan,

-       kekuatan yang dihasilkan lebih tinggi.

0 comments:

Post a Comment