Home » » Kedudukan Bahasa Indonesia Sebagai Alat Pemersatu dan Jati Diri Bangsa

Kedudukan Bahasa Indonesia Sebagai Alat Pemersatu dan Jati Diri Bangsa



Kita tahu bahwasanya masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan budaya  dengan bahasa yang berbeda-beda. Akibatnya akan terjadi sebuah kesulitan dalam berkomunikasi, kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Disinilah peranan penting sebuah bahasa pemersatu dibutuhkan. Kedudukan bahasa pemersatu ini sangatlah penting.
Mengacu pada keragaman yang ada pada Indonesia dari suku, agama, ras, dan budaya, bahasa Indonesia dijadikan sebagai media yang dapat membuat kesemua elemen masyarakat yang beragam tersebut kedalam sebuah persatuan. Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan perhubungan nasional. Bisa dibayangkan apabila tidak ada bahasa pemersatu di Indonesia maka pasti terjadi perpecahan diantara warga negara yang memiliki perbedaan suku, ras, agama dan budaya tersebut. Dengan digunakanya Bahasa Indonesia maka perbedaan diantara sesama warga negara itu seakan melebur, hilang dan menjadi satu yaitu Warga Negara Indonesia. Disitulah peran Bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa.

Bahasa Indonesia merupakan sebuah jati diri nasional, orang dari aceh yang melihat dan mendengar orang papua yang berbicara dengan Bahasa Indonesia pun langsung tahu kalau dia orang Indonesia walaupun perbedaan logat dan fisik diantara mereka sangatlah mencolok. Kedudukan bahasa Indonesia sangatlah penting bagi bagi keberlangsungan negara ini. Tanpa adaya bahasa ini Indonesia akan terpecah belah oleh perbedaan suku yang memiliki bahasa daerahnya masing-masing, ras, agama dan budaya yang sangat beragam.

0 comments:

Post a Comment