Home » » Salah Satu Sebab Sulit Memulai Hal Positif

Salah Satu Sebab Sulit Memulai Hal Positif

Dalam fisika gaya gesek itu ada 2 macam :
1. Gaya gesek statis
2. Gaya gesek dinamis

Gaya gesek statis bekerja pada saat benda masih diam dan akan digerakkan oleh gaya dorongan atau tarikan sementara gaya gesek dinamis bekerja saat benda sudah bergerak. Gaya gesek statis nilainya lebih besar daripada gaya gesek dinamis. 

Sebagai contoh sebuah mobil yang mogok harus didorong. Pada saat awal dorongan akan terasa sangat berat karena gaya gesek statis bekerja pada roda-roda mobil, tapi setelah mobil berhasil digerakkan dorongan selanjutnya akan terasa lebih ringan. Hal itu membuktikan bahwa gaya gesek dinamis memang lebih kecil daripada gaya gesek statis.

Nah, hal tadi juga dapat dianalogikan dengan sifat kebanyakan manusia yang sulit memulai hal positif dalam hidupnya. Misalnya saja, ketika kita ingin belajar. Pada awalnya terasa sangat berat dengan godaan-godaan yang sangat banyak, tetapi setelah kita mampu menahan godaan diawal tadi untuk selanjutnya akan terasa lebih mudah untuk memulai belajar.

kalau kita punya niatan-niatan positif harus segera kita lakukan, jangan sampai gaya gesek statis yang berupa godaan-godaan tadi mengalahkan niat kita. Karena kalau kita sudah bisa memulai, untuk selanjutnya akan menjadi lebih mudah.

Segeralah beraksi sebelum niatmu dikalahkan oleh reaksi dari luar.

0 comments:

Post a Comment